BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS
Whenever you knock me down, i will not stay on the ground (Justin Bieber-Never Say Never)

Sunday, July 3, 2011

Buat Si Akbar :D

yang, aku sedih baca blog kamu. bukannya sedih karna tulisan di blog kamu, tapi sedih karna kamu ternyata mudah sekali menyerah, bahkan sebelum melakukan usaha apapun.
bukannya aku sombong apa gimana, tapi aku mau share sedikit pengalamanku ke kamu. semoga bisa menyemangati :)

dulu, pas tes masuk SMP negeri, kamu tau aku pilih apa? SMP 216, SMP 01 dan SMP 8. ngga satupun dari ketiganya nerima aku. aku benar2 sedih waktu itu, syok. temen SD-ku ada yg masuk SMP 8, padahal dia suka nyontek sama aku. sejak itu, aku bertekad untuk masuk SMA negeri, terserah mau sejelek apa SMA nya, pokoknya aku harus buktikan pada dunia kalo aku bisa masuk SMA negeri. alhasil, kamu tau kan gimana freak nya aku waktu SMA? di otakku ngga ada yang lain selain belajar. dan aku ngga pernah sekalipun keluar dari ranking lima besar di kelas. tetep, tujuanku satu: masuk SMA negeri. sejak kelas satu, teruuuus sampe kelas 3. pas kelas 3, aku benar2 cari info selengkap-lengkap nya soal SMA negeri. belajar terus menerus sambil berdoa, sampe aku sakit2an. ibuku kasiaaan banget liat aku. aku bener2 jarang main, paling ya seminggu sekali dan itu cuma beberapa jam, sama retno palingan itu juga. lalu apa yang terjadi? aku berhasil mendapatkan apa yang aku mau. ngga cuma "SMA negeri", tapi "SMA negeri unggulan". Allah emang yang paling tau apa yang pantas untuk kita, sesuai usaha kita.

Allah tetap mengerti, bahkan tanpa menghitung waktu yang!

setelah masuk SMA, mungkin karena terlalu senang, aku jadi malas2an belajar. seperti yang aku bilang, 3 tahun di SMA, ngga pernah aku masuk sepuluh besar, satu kali pun ngga pernah. guru2 ngga ada satupun yang inget sama aku. sampe akhirnya pas kelas 3, aku sadar kalo aku harus masuk universitas negeri yang murah. soalnya orang tuaku bukan orang kaya. mereka nabung bertahun-tahun untuk biaya kuliahku. dan aku pun kuliah diirit-irit karna biaya nya dibagi dua sama adikku yang tiga tahun lagi kuliah juga.

apa yang aku lakukan? diam di tempat? oh nggaaak. aku didaftarin bimbel sama bapakku. bimbel itu yang paling murah sih sepengetahuanku. tapi aku optimis, mahal murahnya bimbel ngga akan berpengaruh sama kesuksesan. aku maksimalin bimbel itu. aku juga manfaatin itu bimbel buat cari2 info selengkap2nya tentang passing grade tiap jurusan dan segala macamnya. soalnya percuma kita belajar giat kalo ngga ngerti jalur dan ngga nyusun taktik. begitu terus. aku baru milih jurusan farmasi itu januari, sementara tesnya april. dan aku baru siap 30% saat itu. tapi aku terus cicil sampe akhir. teruuuus aja tiap hari. ngga pernah nyerah. semua orang mendukung. pernah sekali bapak meragukan aku. bilang gini, "kamu bisa? saingannya banyak lho. hati-hati." dan aku jawab dengan yakin, "untuk hal-hal penting kayak gini, aku akan perjuangkan sampai dapat." semuanya penuh rasa optimis. dan apa yang aku dapat? FAKULTAS FARMASI UGM. bukan cuma universitas negeri, tapi fakultas farmasi yang terbaik se-Indonesia yang! subhanallah.

jadi intinya, ngga ada kata "menyerah" dan "pasrah". kata "pasrah" itu hanya ada setelah kamu berusaha yang. nah, kalo kata "menyerah" itu baru dikeluarkannya setelah kamu benar2 udah sekarat tak sadarkan diri di rumah sakit gara2 kecapean berusaha yang. dengan kata lain, kata "menyerah" itu ngga boleh dikeluarkan yang! jawaban untuk pertanyaan "where do i start?" itu adalah memantapkan niat dan mohon petunjuk sama Allah. dan jangan menyerah. kalo kamu mau dapat beasiswa ke luar negeri, ya kamu harus usahakan. kamu pikir, begadang semalaman ngerjain tugas selama berbulan2 itu udah usaha keras? hello, semua orang di jurusan komputerisasi akuntansi telkom juga melakukannya mas. kalo mau lebih, ya usahanya harus lebih dari orang2. harus pake taktik yang. aku tahu kok, aku ini ngga tau sedikitpun gimana susahnya kamu disana, tapi yang aku tau, dalam persaingan, kita harus selalu lebih dari orang lain. pake taktik yang.

udah deh segitu aja, aku rasa cukup. hehe. aku bukan menggurui lho yang. aku cuma mau kasih semangat aja buat kamu. semangat! :)

0 komentar: